Rapat Koordinasi Berkala (Rakorla) ke VII

PDFPrintE-mail

Written by Administrator

Rapat Koordinasi Berkala (Rakorla) ke VII pada tahun anggaran 2013 dilingkungan Balitbang Pekerjaan Umum dilaksanakan pada tanggal 23 Juli 2013 bertempat di Balai Pantai, Buleleng, Bali.  Kesempatan Rakorla ke VII ini, Pusjatan mendapatkan giliran menjadi tuan rumah kegiatan ini. Rakorla dihadiri oleh seluruh Pusat litbang di lingkungan balitabang dan juga sekretariat.  Sehari sebelumnya dilaksanakan acara peresmian pura dilingkungan Balai Pantai dan dilanjutkan dengan buka puasa bersama.

Hal-hal yang dibahas dalam rakorla  antara lain terkait kesepakatan terkait penggunaan rumah dinas golongan 1 dan 2, peran balitbang sebagai clearing house. Dalam rakorla kali ini juga disampaikan strategi penerimaan pegawai baru dimana menurut Informasi dari Kabag Kepegawaian Setba, Balitbang akan mendapatkan tambahan pegawai baru dari pelamar umum (selain kategori 1 dan 2). Pada kesempatan rakorla kali ini juga dibahas terkait kekurangan dana tahun 2014, yang akan disampaikan pengajuan kebutuhan dana tersebut ke Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri.

Seperti pada rakorla sebelumnya, progres kegiatan setiap pusat-pusat disampaikan oleh masing-masing kepala pusat.  Progress penyerapan Pusjatan pada bulan juli (bulan pertama semester ke-dua), status tanggal 16 Juli 2013 (e-monitoring) adalah sebesar 34,29%, penyerapan ini lebih rendah  5,64% dari tahun 2012 dan lebih rendah 17.05% dari target penyerapan hingga akhir bulan juli 2013 (51,36%). Hal ini tentunya menjadi motivasi bagi perangkat satker dan staff Pusjatan untuk bersama-sama bekerja keras untuk mencapai target yang telah direncanakan.

Rarkorla ditutup dengan kesepatkan rakorla selanjutnya yang akan dilaksanakan di Bandung, dengan puslitbang Permukiman sebagai tuan rumah. (HY)

 

Inspeksi Konstruksi Bangunan Di Proyek Pembangunan Gedung Control Assistance For Road Research Operation ( CARRO )

PDFPrintE-mail

Written by Admin Berita SDK

Pada hari Kamis tanggal 18 Juli 2013, telah dilaksanakan Inspeksi Konstruksi Bangunan di Proyek Pembangunan Gedung Control Assistance For Road Research Operation (CARRO) dan Gedung Accelerated Pavement Test (APT) pada pukul 09.00 sampai dengan pukul 13.00 WIB.

Acara dimulai dengan diskusi awal para Ahli K3 dengan Sekretaris P2K3L di Ruang Rapat Kecil Gedung Utama, dilanjutkan inspeksi ke Gedung CARRO kemudian ke Gedung APT. Acara diakhiri dengan penyusunan draf laporan inspeksi.

Kegiatan Inspeksi ini merupakan penerapan K3L di lingkungan Pusjatan yang mengacu kepada ISO 14001:2004 dan OHSAS 18001: 2007.

Penanggung jawab dalam kegiatan inspeksi ini adalah Bidang Sumber Daya Kelitbangan, dengan koordinator di lapangan Iwan Susanto, ST.(fb-SDK)

 

KERJASAMA PEMANTAUAN JALUR MUDIK ANTARA PUSJATAN DAN POLITEKNIK TRANSPORTASI

PDFPrintE-mail

Written by Administrator

Illustrasi : jalurmudik.com

Mudik merupakan sebuah tradisi masyarakat Indonesia untuk menyambut Hari Raya idul Fitri. Persiapan jalur mudik pun merupakan kegiatan tahunan dari pemerintah Indonesia. Salah satu fokus persiapan jalur mudik adalah dari sisi keselamatan pengguna jalan. Terkait hal tersebut, Pusjatan bersama Politeknik Transportasi (Poltrans) melakukan kerjasama pemantau jalur mudik di Pantura. Tujuan dari kerjasama ini adalah mendapatkan potret keselamatan pengguna jalan dan angkutan lebaran di jalur Pantura ruas Cirebon – Tegal – Pekalongan.

“Kami telah menanti kegiatan ini, kami ingin berkontribusi untuk ikut terlibat dalam kegiatan pemantauan mudik, dan akhirnya Politeknik Transportasi mengajak kami”, ujar Samsi Gunarta, Kepala Balai Teknik Lalu Lintas dan Lingkungan Jalan, Pusjatan. Pemantauan jalur mudik ini akan dilakukan melalui beberapa posko yang akan didirikan oleh Poltrans. Pusjatan dan Poltrans akan melakukan kolaborasi untuk dapat mengambil data jalur mudik di sepanjang jalur Pantura ruas Cirebon – Tegal dan Pekalongan.

Mohamad Hermawan, Dosen Poltrans menyampaikan “Kegiatan pemantauan jalur mudik ini sesuai dengan visi dan misi dari Poltrans, yaitu mewujudkan zero accidence, zero congestion dan zero polutant”. Dalam kegiatan ini nantinya, Poltrans akan menurunkan Taruna nya untuk melakukan pemantauan. Beberapa Taruna juga akan ditempatkan di Laboratorium Teknik Jalan Pusjatan, untuk dilatih penggunaan software jalan untuk kepentingan pemantauan jalur mudik. Diharapkan kegiatan ini dapat menghasilkan gamabaran terkait dengan faktor keselamatan pengguna jalan pada arus mudik tahun ini. (DSD)

 
 

PENINGKATAN SUMBER DAYA MANUSIA TEKNOLOGI RUMPUT VETIVER

PDFPrintE-mail

Written by Administrator

25 – 27 Juni 2013, bertempat di Hotel Verona Palace Boutique, Bandung, Pusjatan mengadakan Training PENINGKATAN SUMBER DAYA MANUSIA TEKNOLOGI RUMPUT VETIVER, Tujuan dari kegiatan peningkatan sumber daya manusia ini adalah meningkatkan kompetensi (memahami dan melaksanakan) SDM daerah terhadap pemanfaatan Teknologi Rumput Vetiver melalui diseminasi atau sosialisasi tingkat Engineer.

Acara pembukaan yang dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya

 

Kebijakan pembangunan infrastruktur yang ramah lingkungan (green building/construction dan green infrastructure) adalah upaya  mempertahankan dan mendorong peningkatan prosentase Ruang Terbuka Hijau (RTH) terhadap kawasan budidaya lainnya, mempertahankan kawasan konservasi terutama di kawasan perkotaan, mewujudkan ecocity, serta meningkatkan pengawasan dan pengendalian lingkungan dalam setiap aspek pelaksanaan pembangunan infrastruktur pekerjaan umum dan permukiman.Salah satu teknologi green construction yang banyak dikenal dalam stabilitas lereng atau tebing jalan adalah teknologi rumput vetiver.

Sambutan Kepala Balai Teknik Lalu Lintas dan Lingkungan Jalan

 

Peserta yang hadir berjumlah 23 orang, berasal dari BBPJN dan Dinas PU Bina Marga di wilayah Jawa Barat, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara dan Papua. Diawal acara para peserta menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan dilanjutkan dengan sambutan Kepala Balai Teknik lalu Lintas dan Lingkungan Jalan, IGW Samsi Gunarta. Dalam rangkaian acara tersebut terdapat pula praktek pembibitan rumput vetiver dalam polibag.

Instruktur dan peserta kegiatan berfoto bersama

 

Selanjutnya perlu dilakukan upaya sosialisasi dan diseminasi di seluruh lapisan praktisi yang ada di daerah terhadap produk penelitian dan pengembangan yang telah diberhasil disusun Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan (sejak tahun 2007 sampai dengan tahun 2010).

Praktek Pembibitan Rumput Vetiver dalam Polibag

 

Kerjasama Pusjatan dengan Universitas Diponegoro Semarang

PDFPrintE-mail

Written by Administrator

Kamis, Jumat, 18 - 19 Juli 2013, Pusjatan mengadakan pertemuan dengan  Universitas Diponegoro  ( UNDIP )  dalam rangka inisiasi kerja sama program pendidikan pascasarjana. Kerja sama dalam program pendidikan ini bertujuan agar para pegawai Pusjatan dapat meningkatkan kompetensi dengan mengikuti pendidikan pada Perguruan Tinggi yang berkualitas yang diselaraskan dengan bidang keahlian, sehingga menunjang tugas - tugas penelitian dan pengembangan yang diberikan. Program studi yang dituju adalah pada jenjang Master (S2) dan Doktor (S3).

Pertemuan  bertempat di Kampus Pleburan Semarang, Pusjatan diterima oleh Tim  Program Doktor Teknik Arsitektur dan Perkotaan (PDTAP), Prof. Sugiyono Soetomo dan Dr. Mudji Handayani. PDTAP telah meluluskan sejumlah mahasiswa doktor yang berasal dari Kementerian Pekerjaan Umum yang berasal dari berbagai bidang, tidak hanya bidang perencanaan kota, melainkan juga bidang perencanaan transportasi dan pengelolaan wilayah.

Sugiyono Soetomo menyampaikan mengenai latar belakang program studi doktor di UNDIP dan peluang keikutsertaan kandidat dari Pusjatan untuk mengikuti Joint Degree antara UNDIP dan Perguruan Tinggi di Perancis melalui beasiswa pada Tahun Ajaran 2014.

Pertemuan  19 Juli 2013 bertempat di Kampus Tembalang, Pusjatan diterima oleh Dr. Joesron Alie Syahbana, Ketua Program Studi Magister Pembangunan Wilayah dan Kota (MPWK) UNDIP, dan Dr.rer.nat. Imam Buchori, Wakil Dekan Urusan Akademik.

Pertemuan diawali dengan penyampaian Profil Program Studi oleh Ketua Program Studi, yang dilanjutkan dengan penyampaian Profil Organisasi Pusjatan. Ketua Program Studi mengundang kandidat potensial dari Pusjatan untuk mengikuti program yang ditawarkan dan mendorong pihak Pusjatan untuk menyiapkan nama - nama kandidat agar disampaikan langsung kepada Ketua Program Studi MPWK agar dapat mengikuti program dengan beasiswa pada Tahun Ajaran 2014.

Pertemuan ini merupakan upaya menindaklanjuti kerja sama Pusjatan dan UNDIP dalam bidang pendidikan dan penelitian serta untuk meningkatkan kualitas SDM Pusjatan agar semakin unggul. GBS

 
 

Page 6 of 26