RAPAT KERJA KOMISI X DPR RI BERSAMA MENPORA DAN KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM

PDFPrintE-mail

Dr. Ir. Munarto Eddie Sunaryo, M.Sc mewakili Badan Litbang Kementerian PU melakukan paparan hasil Pemeriksa, Peneliti dan Pengkaji Kondisi Geoteknik Tanah di Lokasi Pembangunan Lanjutan Pusat Pendidikan, Pelatihan dan Sekolah Olah Raga Nasional (P3SON) Hambalang pada Rapat Kerja DPR Komisi X bersama Kemenpora dan Kementerian PU di ruang rapat Komisi X DPR RI, Senayan Jakarta, Kamis 05 September 2012 kemarin.

Terdapat dua tipe longsoran yang berhasil diidentifikasi menurut Dr. Ir. Munarto Eddie Sunaryo, M.Sc, dalam paparannya yaitu longsoran lokal yang bersifat dangkal dan bertendensi sebagai longsoran rotasi, serta longsoran dalam yang bertendensi sebagai longsoran translasi. Dan dari peta kerentanan gerakan tanah serta dari hasil investigasi, diketahui bahwa lokasi proyek berada pada zona gerakan tanah tingkat sedang sampai tingkat tinggi. Ini mengindikasikan bahwa bangunan yang akan didirikan di areal proyek perlu mendapat perhatian khusus.

Selain itu pula, beliau menegaskan masalah air dalam tanah adalah masalah dominan. "Masalah air yang dominan, sehingga air itu harus dikendalikan. Air dialirkan, jangan ditutup. Kita perkuat yang sudah ada," jelas Dr. Ir. Munarto Eddie Sunaryo, M.Sc dalam sesi tanya jawab bersama anggota Komisi X DPR RI. Beliaupun menyinggung mengenai masalah “zero building” dilokasi proyek hambalang tersebut.

Untuk berita lebih lengkap silahkan lihat : http://news.detik.com/read/2012/09/06/143734/2010130/10/lokasi-proyek-hambalang-rentan-longsor-karena-tingginya-volume-air-tanah

Dalam kesempatan lain, Dr. Ir. Munarto Eddie Sunaryo, M.Sc merasa bangga dapat mewakili Badan Litbang Kementerian PU serta PUSJATAN dalam kesempatan Rapat Kerja DPR tersebut. Beliaupun sangat berterimakasih atas support yang diberikan oleh Kepala Puslitbang Jalan dan Jembatan yang telah diberikan melalui kegiatan Advis Teknik Khusus ini. (news:yudihardiana)

Add comment


Security code
Refresh