Masuk

Agenda

Undangan Pemeringkatan Jalan Hijau Tahun 2017

Tanggal : 01-05-2017 08:00 s/d 30-09-2017 12:00

Tempat : Pusat Litbang Jalan dan Jembatan

Bandung, Jawa Barat


Dalam rangka implementasi Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI No. 05/PRT/M/2015 tentang Pedoman Umum Implementasi Konstruksi Berkelanjutan pada Penyelenggaraan Infrastruktur Bidang PU dan Permukiman, maka Badan Litbang PUPR melalui Tim Jalan Hijau akan menyelenggarakan Pemeringkatan Jalan Hijau Indonesia Tahun 2017 yang melibatkan penyelenggara jalan sebagai peserta. Kegiatan Pemeringkatan Jalan Hijau dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja jalan dan mendorong pengembangan jalan yang berkelanjutan.

Pemeringkatan Jalan Hijau adalah suatu sistem pemeringkatan terhadap praktek-praktek berkelanjutan pada “proyek jalan” yang dilakukan dengan mengikuti atau menerapkan kriteria jalan hijau yang telah ditetapkan. Proyek jalan yang mendaftar dan dianggap sebagai peserta harus memenuhi persyaratan memiliki dokumen Life Cycle Cost atau diwakili oleh Laporan Studi Kelayakan atau Kajian Ekonomi, dokumen lingkungan seperti Amdal/UKL-UPL/SPPL/DELH/DPLH, gambar rencana teknis akhir dan gambar terbangun. Nilai peringkat jalan hijau didasarkan atas penilaian terhadap 5 (lima) kategori/kriteria yang telah ditetapkan dan merupakan gambaran terhadap upaya yang dilakukan dalam menerapkan prinsip-prinsip berkelanjutan (lampiran 1).

Selanjutnya, kami mengundang Satker/PPK perencanaan dan pelaksanaan untuk berpartisipasi sebagai peserta pada Pemeringkatan Jalan Hijau 2017. Proyek jalan yang dapat didaftarkan merupakan proyek jalan yang telah diserahterimakan pada tahun 2015-2016. Pendaftaran peserta (Lampiran 2) dapat dikirim melalui pos yang dialamatkan ke sekretariat jalan hijau, Balai Litbang Sistem dan Teknik Lalu Lintas, Pusat Litbang Jalan dan Jembatan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jl. A.H. Nasution No. 264 Bandung 40294 atau melalui email ke alamat greece.maria@pusjatan.pu.go.id / 085624383222. Pendaftaran dan pemeringkatan dilakukan mulai tanggal 1 Mei 2017 s.d. September 2017.

Diinformasikan bahwa rencana pemberian Penghargaan Pemeringkatan Jalan Hijau tahun 2016 akan dilaksanakan sekitar bulan November 2017 Hari Konstruksi Indonesia atau bersamaan dengan hari Bhakti Pekerjaan Umum dan diharapkan dapat diberikan oleh Menteri PUPR.

Formulir Pendaftaran bisa download tautan dibawah ini :

1. Lampiran 1-Leaflet Jalan Hijau#6 - Depan

2. Lampiran 1-Leaflet Jalan Hijau#6 - Isi

3. Lampiran 2 Formulir pendaftaran

4. Leaflet jalan hijau sd nov16

Salam,

Ketua Tim Jalan Hijau

Ir. Agus Bari Sailendra, MT