Puslitbang Jalan dan Jembatan
Selasa, 18 September 2018  19:31:22

Solusi Teknologi Konstruksi Infrastruktur Transportasi Perkotaan melalui Seminar Nasional Terowongan

Solusi Teknologi Konstruksi Infrastruktur Transportasi Perkotaan melalui Seminar Nasional Terowongan

Perwakilan Instansi Pemerintah, Akademisi, serta Tamu Undangan Lainnya Antusias Mengikuti Rangkaian Kegiatan Seminar

Terowongan menjadi salah satu pilihan solusi teknologi konstruksi dalam pengembangan infrastruktur transportasi perkotaan. Untuk itu Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan (Pusjatan) menggelar Seminar Nasional Terowongan selama dua hari, Senin – Selasa, 17 – 18 September 2018 bertempat di Kantor Pusjatan Jl. AH. Nasution No 264 Bandung.

Sambutan Kepala Badan Litbang yang dibacakan Kepala Pusjatan, Deded. P. Sjamsudin menyampaikan bahwa Seminar ini merupakan bagian dari kerja sama antara Puslitbang Jalan dan Jembatan dengan National Institute of Land and Infrastructure Management (NILIM) dan Public Works and Research Institute (PWRI) dari Jepang. “Seminar ini dimaksudkan untuk semakin menyebarluaskan teknologi terowongan, sebagai salah satu pilihan jenis kontruksi untuk prasarana transportasi yang kita perlukan dalam rangka pembangunan untuk mewujudkan konektivitas.” tambah Deded.

Sementara itu, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Sugiyartanto menyampaikan bahwa mahalnya biaya konstruksi pembangunan terowongan menjadi ganjalan, untuk itu diperlukan upaya untuk memanfaatkan keuntungan teknologi terowongan dibanding dengan teknologi lainnya, yaitu kemungkinan untuk memperpendek panjang konstruksi jalan yang perlu dibangun dengan teknologi terowongan.

Seminar yang menghadirkan pembicara dan pakar terowongan dari Jepang dan Indonesia ini dihadiri peserta yang berasal dari kalangan pemerintahan khususnya dari lingkungan Kementerian PUPR, akademisi, asosiasi, serta kontraktor dan konsultan penyedia jasa konstruksi.

Bersamaan acara tersebut, Pusjatan menyelenggarakan pameran teknologi hasil litbang sebagai wadah publikasi dari hasil-hasil litbang kepada masyarakat. (Humas Pusjatan)


Bagikan:

Berita Terpopuler


Pemeringkatan Jalan Hijau 2016

Selasa, 29 November 2016  17:56:20



Aspal Karet, Teknologi Lainnya dari Pusjatan

Selasa, 07 November 2017  15:07:00



Teknologi WIM Bridge

Jum'at, 25 Agustus 2017  17:13:34



Diseminasi Kegiatan National Geotechnic 2016

Rabu, 28 September 2016  04:02:33