Puslitbang Jalan dan Jembatan
Jum'at, 31 Maret 2017  16:43:48

Pusjatan Balitbang dan MIT Bersinergi Meningkatkan Teknologi Infrastruktur Jalan dan Jembatan

Pusjatan Balitbang dan MIT Bersinergi Meningkatkan  Teknologi Infrastruktur Jalan dan Jembatan

Pusjatan bekerjasama dengan Massachusetts Institute of Technology – Industrial Liaison Program (MIT-ILP) USA menyelenggarakan workshop on Advance Concrete Technology for Infrastructure (30/3) di Hotel Century Jakarta, dengan menghadirkan Prof. Franz Josef Ulm dan Chuan Z. Tang, Ph.D.

Acara yang diprakarsai oleh Pusjatan ini dibuka oleh Kepala Badan Litbang Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Danis H. Sumadilaga. Dalam sambutannya Danis menyampaikan bahwa Pusjatan tidak dapat memposisikan diri sebagai yang terdepan karena masih terdapat permasalahan yang terjadi pada jalan dan jembatan di Indonesia. “Kita harus memahami konsep teknologi maju, namun bukan berarti melupakan hal-hal yang mendasar,” tegas Danis.

Menyambung pernyataan Danis, Franz Josef Ulm menyatakan bahwa teknologi ini sangat cocok sebagai dasar perbaikan infrastruktur jalan. Workshop ini merupakan bagian dari rangkaian kerjasama yang telah terjalin sejak 2014 antara Kementerian PUPR dengan MIT melalui program penghubung industri. Workshop ini dihadiri oleh perwakilan dari berbagai institusi seperti internal kementerian PUPR, produsen, akademisi, asosiasi, pemerintah daerah, konsultan dan kontraktor.

Disamping pembicara utama dari MIT, Workshop menghadirkan tiga pembicara Jepang yaitu Hiroshi Tamaki, Koji Kawaguchi dan Yusuke Fujimura dari CHODAI. Pada kesempatan ini Yasuke membicarakan rencana kerjasama terkait pemeriksaan dan rehabilitasi jembatan khusus. (Humas)


Bagikan:

Berita Terpopuler


Pemeringkatan Jalan Hijau 2016

Selasa, 29 November 2016  17:56:20



Aspal Karet, Teknologi Lainnya dari Pusjatan

Selasa, 07 November 2017  15:07:00



Teknologi WIM Bridge

Jum'at, 25 Agustus 2017  17:13:34



Diseminasi Kegiatan National Geotechnic 2016

Rabu, 28 September 2016  04:02:33