Puslitbang Jalan dan Jembatan
Rabu, 14 Februari 2018  16:20:36

Pemaparan Teknologi Hasil Litbang Pusjatan dalam Kunjungan Mahasiswa Politeknik Negeri Semarang

Pemaparan Teknologi Hasil Litbang Pusjatan dalam Kunjungan Mahasiswa Politeknik Negeri Semarang

Dalam melakukan penelitian dan pengembangan di bidang jalan dan jembatan, Kampus Pusjatan memiliki empat balai untuk meneliti dan mengembangkan teknologi sesuai dengan bidang yang berkaitan dengan jalan dan jembatan. Teknologi yang dihasilkan di balai-balai Pusjatan yang sesuai dengan bidang-bidang penelitian dan pengembangan ini, menghasilkan produk-produk yang memiliki efisiensi tepat guna.  Beberapa produk hasil litbang ini dipaparkan oleh Yudi Hardiana dalam sambutannya pada kunjungan mahasiswa Politeknik Negeri Semarang pada Selasa, 13 Februari 2018. 

Yudi mengatakan “Teknologi dengan efisiensi tepat guna yang dihasilkan oleh Pusjatan diantaranya; timbunan ringan campuran beton tanpa agregat yang memiliki berat jenis lebih kecil dari beton, teknologi Corrugated Mortar Pusjatan (CMP) yang digunakan di flyover Antapani, Bandung, menerapkan aspal karet dan aspal buton yang dihasilkan oleh penelitian dari balai perkerasan jalan, mengembangkan teknologi monitoring jembatan yang dilakukan secara bertahap dan mengembangkan sistem monitoring lalulintas”. Yudi pun menjelaskan lingkup layanan yang dilakukan oleh Pusjatan, penjelasan singkat mengenai labolatorium yang ada di Pusjatan  dan menyampaikan , “Jika tertarik untuk mencari data di Pusjatan dalam penyusunan laporan tugas akhir atau skripsi, mahasiswa dapat mengunjungi labolatorium-laboralatorium yang ada di Pusjatan” ungkap Yudi.

Selain penjelasan singkat mengenai teknologi-teknologi hasil litbang Pusjatan, struktur organisasi Pusjatan, dan labolatorium-labolatorium yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan teknologi di Pusjatan, dijelaskan pula mengenai hasil litbang yang terangkum dalam masterpiece Pusjatan. Selanjutnya mahasiswa melakukan kunjungan ke labolatorium yang ada di balai perkerasan jalan, Pusjatan. (Humas Pusjatan)


Bagikan:

Berita Terpopuler


Pemeringkatan Jalan Hijau 2016

Selasa, 29 November 2016  17:56:20



Aspal Karet, Teknologi Lainnya dari Pusjatan

Selasa, 07 November 2017  15:07:00



Teknologi WIM Bridge

Jum'at, 25 Agustus 2017  17:13:34



Diseminasi Kegiatan National Geotechnic 2016

Rabu, 28 September 2016  04:02:33