Puslitbang Jalan dan Jembatan
Rabu, 02 Oktober 2019  21:26:49

Delegasi Nigeria Gali Teknologi Jalan dan Jembatan

Delegasi Nigeria Gali Teknologi Jalan dan Jembatan

Kunjungan Delegasi Kementerian Energi Pekerjaan Umum dan Perumahan Nigeria

Pusjatan Kementerian PUPR bersama dengan Bappenas telah menjajaki kerja sama dengan negara-negara berkembang dalam kerangka Kerja Sama Selatan-Selatan dan Triangular (KSST) sejak dua tahun terakhir. Sebagai aksi terhadap KSST, diselenggarakan “Strengthening Indonesia-Nigeria Development Cooperation: Knowledge Sharing on Road and Bridge Development Program” di Pusjatan pada 2-3 Oktober 2019. Dalam kegiatan ini, hadir delegasi dari Kementerian Energi, Pekerjaan Umum dan Perumahan Federal Republik Nigeria.

Dalam sambutannya, Kepala Pusjatan Deded P. Sjamsudin  mengemukakan kegiatan ini menjadi peluang besar untuk menginisiasi program kerja sama bidang infrastruktur antara Kementerian PUPR RI dan Kementerian Energi, Pekerjaan Umum dan Perumahan Federal Republik Nigeria, khususnya dalam bidang jalan dan jembatan. “Kerja sama yang dapat kita lakukan bersama misalnya transfer pengetahuan dan teknologi bidang jalan dan jembatan, pertukaran tenaga ahli, dan penelitian bersama,” jelasnya.

Pemimpin delegasi Nigeria yaitu Director of Highways Design Road (South) O.O. Oyetade mengungkapkan bahwa Indonesia dan Nigeria memiliki beberapa kesamaan, antara lain sama-sama negara berkembang, yang dalam bidang jalan keduanya masih berusaha meningkatkan konektivitas dan kemantapan kualitas jalan.

Melalui program KSST ini negara-negara berkembang di kawasan Global Selatan dapat saling membantu melalui tukar-menukar pengetahuan, pendampingan teknis, dan pelatihan.

Hari ini dilakukan presentasi teknologi hasil litbang Pusjatan, diskusi, demo teknologi Pusjatan dan kunjungan ke laboratorium. Sedangkan hari esok akan dilakukan penyusunan Joint Working Plan mengenai rencana kerja sama di tahun mendatang di bidang jalan dan jembatan. (Humas Pusjatan).

 


Bagikan: