Puslitbang Jalan dan Jembatan
Senin, 10 Oktober 2016  11:04:20

Balitbang Berperan Penting Percepat Pembangunan Infrastruktur

Balitbang Berperan Penting Percepat Pembangunan Infrastruktur

Saat membuka membuka acara Pekan Inovasi, Sains dan Teknologi Litbang 2016 yang diselenggarakan Balitbang Kementerian PUPR di Jakarta, Selasa (9/8) Basuki Hadimuljono mengatakan Balitbang Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR),  memiliki peran penting untuk mempercepat pencapaian target pembangunan infrastruktur. Caranya melalui inovasi-inovasi yang lebih murah, lebih cepat, dan lebih baik.


Menurut Basuki, Balitbang telah melakukan resposisi peran dengan menghasilkan teknologi-teknologi siap pakai dalam penanganan jembatan, penanganan banjir rob, penanganan aksesibilitas desa, dan lainnya. “Disamping itu Balitbang juga telah berani melakukan penerapan dalam skala yang lebih luas seperti Flyover Antapani,” katanya.


Basuki pun berharap kegiatan Pekan Inovasi, Sains dan Teknologi Balitbang 2016 bisa membuka jejaring untuk penelitian kepada institusi lainnya dan dapat mengaplikasikan khususnya dalam pembangunan infrastruktur. “Pembangunan Infrastruktur kita memang terlambat dan kita harus melakukan percepatan,” ucapnya.


Sekretaris Balitbang Kementerian PUPR selaku pengarah kegiatan Pekan Inovasi, Sains dan Teknologi Balitbang 2016, Bernaldy dalam laporannya mengatakan, Balitbang Kementerian PUPR bekerjasama dengan pihak swasta menggelar Pekan Inovasi Sains dan Teknologi Litbang 2016 untuk mensinergikan dan mendapatkan masukan terhadap hasil kelitbangan.
Kemudian selain itu untuk mendapatkan hasil litbang yang teknis, murah, dan mudah diperoleh serta dilaksanakan, mengoptimalisasikan penerapan hasil teknologi litbang, meningkatkan penerapan dan pemanfaatan hasil litbang, baik secara kuantitas dan kualitas, dan dapat meningkatkan networking kelitbangan.


Pekan Inovasi, Sains dan Teknologi Litbang 2016 telah berlangsung selama tiga hari dari 9-11 Agustus 2016 lalu. Kegiatan yang mengusung tema “Dengan Inovasi Sains dan Teknologi Kita Percepat Pembangunan Infrastruktur Menuju Masyarakat Sejahtera”, diikuti oleh internal Kementerian PUPR, badan litbang dari kementerian/lembaga lainnya, perguruan tinggi, pemerintah pusat/daerah, dunia usaha, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), asosiasi profesi, serta masyarakat umum.


Sementara sasaran yang ingin dicapai dari kegiatan tersebut yaitu terselenggaranya infrastruktur bidang PUPR yang andal dan terukur. “Untuk mendukung program percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia,” kata Bernaldy.

Sumber: dokumentasi Pusjatan Balitbang Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)
Link : http://ads2.kompas.com/layer/kemenpupera/news-3.html


Bagikan:

Berita Terpopuler


Pemeringkatan Jalan Hijau 2016

Selasa, 29 November 2016  17:56:20



Aspal Karet, Teknologi Lainnya dari Pusjatan

Selasa, 07 November 2017  15:07:00



Teknologi WIM Bridge

Jum'at, 25 Agustus 2017  17:13:34



Diseminasi Kegiatan National Geotechnic 2016

Rabu, 28 September 2016  04:02:33